Kamis, 24 Juni 2010

Visi, Misi, Tujuan BK

Visi bimbingan dan konseling adalah terwujudnya kehidupan kemanusiaan yang membahagiakan melalui tersedianya pelayanan bantuan dalam pemberian dukungan perkembangan dan pengentasan masalah agar individu berkembang secara optimal, mandiri dan bahagia. Berdasarkan visi tersebut terdapat tiga misi yang diemban bimbingan dan konseling, yaitu :
Misi pendidikan; mendidik peserta didik melalui pengembangan perilaku efektif-normatif dalam kehidupan keseharian dan yang terkait masa depan.
Misi pengembangan; memfasilitasi perkembangan individu di dalam satuan pendidikan formal ke arah perkembangan optimal melalui strategi upaya pengembangan lingkungan belajar dan lingkungan lainnya serta kondisi tertentu sesuai dengan dinamika perkembangan masyarakat.
Misi pengentasan masalah; membantu dan memfasilitasi pengentasan masalah individu mengacu kepada kehidupan sehari-hari yang efektif.

Dalam berbagai literatur tentang bimbingan dan konseling, para ahli mengemukakan tentang tujuan bimbingan dan konseling yang beragam, tetapi pada intinya akan menerucut pada tujuan yang sama yaitu tercapainya perkembangan para peserta didik/klien secara optimal dan tercapainya penyesuaian diri..

8 komentar:

  1. tp klo visi,misi n tujuan hdpQ tu hidup bahagia dunia dan akherat.....

    BalasHapus
  2. Bk punya visi misi... visi misi q apa y???

    BalasHapus
  3. merdekaaaaa pantang mundur!!!!!

    BalasHapus
  4. yah...... pak dino nya keluar..... he..... tapi syukur kah udah ada yang tau tetang visi misi dan tujuan bk,,, itu lah calon konselor yang baik,,,,

    BalasHapus